Minggu, 22 Mei 2016

PROPOSAL USAHA



PROPOSAL USAHA
BAKSO BEBUHAN KITA
(B2k)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Dosen Pembimbing : Fahrudin Ahmad, M.Pd.







Oleh :
HARTINI
ALPIANA
RONI ANGGARA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
TAHUN 1436H/2015 M

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Visi Dan Misi
a.    Visi :      Menciptakan usaha yang unggul, berkualitas, terdepan, dengan   pelayanan yang terbaik.

b.    Misi :
1.      Memudahkan para konsumen penyuka bakso untuk  menikmati bakso    yang  halal dan higienis
2.      Menyediakan rasa bakso yang enak, sehat dan harga yang terjangkau serta dapat diperoleh dengan mudah.

B.     Latar Belakang
Pada zaman modernini sulitnya mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis tidak mesti besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) pun sudah dapat mengurangi jumlah pengangguran di zaman sekarang ini. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia.
Seiring dengan perkembangan zaman dapat dilihat selama ini banyaknya  masyarakat yang menyukai atau menggemari makanan yang cepat saji (instan), Maka di masa ini banyak sekali seorang produsen atau pedagang yang menjual makanan yang cepat saji atau bisa disebut juga makanan yang instant. Hal ini sangat berhubungan dengan dunia bisnis.
sehingga masyarakat mempunyai banyak pilihan makanan yang ingin mereka konsumsi. Dalam usaha ini kami menawarkan jenis makanan berbentuk bakso menunda lapar yang sering ditemui dipinggir-pinggir jalan, warung-warung didepan rumahan maupun di restaurant,  dan rumah makan yang ternama khususnya di kota palangka raya ini.
Dilatar belakangi realita tersebut,maka kami ingin membuka suatu usaha rumah makan yang dominan dengan makanan bakso, yang dimana rumah makan tersebut kami beri nama “bakso babuhan kita”. Kami memilih membangun usaha ini karena menurut kami ini akan menguntungkan karena peminatnya bukan hanya masyarakat kalangan atas saja namun masyarakat kalangan bawah pun dapat menikmati nya karena disini kami menyediakan berbagai menu bakso dengan harga yang terjangkau dan rasa yang di jamin kelezatannya.

C.    Tujuan
1.      Memperoleh laba yang sebesar-besarnya
2.      Menambah pengatahuan dan pengalaman tentang ilmu kewirausahaan
3.      Menyediakan keperluan konsumen penyuka bakso
4.      Memberikan peluang bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan agar dapat bekerja di rumah makan kami.

















BAB II
LANDASAN TEORITIS
A.    Dasar Teori Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan berasal dari terjemahan entrepreneuship yaitu iatilah atau sebutan yang digunakan untuk menggambarkan seorang actor yang memimpin suatu proyek produksi (Suryana, 2004). Secara umum kewirausahaan diartikan sebagai suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan oranglain.
Beberapa pengertian kewirausahaan yang diberikan oleh para ahli dapat dikemukakan sebagai berikut:
a.       Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis. (Ahmad Sanusi, 1994).
b.      Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) (Drucker, 1959).
c.       Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer, 1996).
Dengan demikian, kewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan “added value” dengan jalan mengkombinasikan semua sumber daya akomodasi melalui “create new and different” untuk memenangkan persaingan.

Maka inti kewirausahaan adalah:
a.         Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru (create new and different) melalui berfikir kreatif dan betindak inovatif.
b.        Merupakan cirri watak dan sikap orang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif
c.         Proses kewirausahaan meliputi semua kegiatan, fungsi kegiatan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi.

Pengertian wirausaha dan manajer wirausaha, secara umum wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya.
Pendapat beberapa ahli mengenai wirausaha:
a.       Wirausaha adalah orang yang mampu melihat adanya peluang, kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut (Suryana, 2003).
b.      Wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha (Dan Steinhoff dan John F. Burgees, 1993).
c.       Wirausaha (entrepreneur) adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan dan melembagakan perusahaan miliknya dan bisa menciptakan kerja bagi orang lain dengan swasembada (Pakerti, 1997).

B.     Manajer
Manajer  adalah seseorang yang mempunyai kemampuan teknis dan akademis untuk mengelola perusahaan atau organisasi bisnis yang dimiliki oleh oranglain dan atas jasanya ia menerima gaji dan bonus. Pada perusahaan perseorangan pada umumnya seorang wirausaha sekaligus merangkap sebagai manajer. Kinerja wirausaha dan manajer ditentukan oleh adanya peluang dan kemampuan menciptakan peluang serta menanggapinya yang bersumber dari “leadership ability”.
Karakteristik kewirausahaan :
Seorang wirausaha sekurang-kurangnya memiliki 12 (dua belas) karakteristik yaitu:
(1)   Motif berprestasi;
(2)   Selalu perspektif;
(3)   Berdaya cipta tinggi;
(4)   Memiliki perilaku inovatif tinggi;
(5)   Memiliki komitmen dalam pekerjaan ;
(6)   Memiliki etos kerja dari tanggungjawab;
(7)   Mandiri atau tindak tergantung pada orang lain;
(8)   Berani menghadapi resiko ;
(9)   Selalu mencari peluang ;
(10)           Memiliki jiwa kepemimpinan ;
(11)           Memiliki kemampunan manajerial; dan
(12)           Memiliki kemampuan personal.

Ciri-ciri seorang wirausaha yang memiliki motif berprestasi menurut Suryana (2003) adalah:
a.       Ingin mengatasi sendiri kesulitan dan persoalan-persoalan yang timbul pada dirinya
b.      Selalu memerlukan umpan balik yang segera untuk melihat keberhasilan atau kegagalannya
c.       Memiliki tanggungjawab personal yang tinggi
d.      Berani menghadapi resiko dengan penuh perhitungan
e.       Menyukai tantangan dan melihat tantangan secara seimbang

C.    Wirausaha Bakso Pilihan Mantap
Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Banyak kejahatan yang terjadi dimana mana terlebih lebih di kota kota besar seperti Jakarta, banyak para pengusaha yang bangkrut kemudian gulung tikar. Banyak para remaja yang putus sekolah dan menjadi pengangguran. Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain. Untuk  mendapatkan  suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha. Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang. Dan di sini kami berfikir untuk lebih mengembangkan usaha bakso ini.
BAB III
SISTEMATIKA PEMASARAN

A.    Manajemen
Nama Perusahaan/Usaha         : Bakso Babuhan Kita  (B2K)
Nama Pemilik                          :
1. Hartini
2. Alpiana
3. RoniAnggara
Bidang Usaha                          : Makanan dan Minuman (Warung Makan)
Lokasi Usaha                          : Jl.G.Obos Raya Palangka Raya, depan  Masjid Raya  Darussalam Palangka Raya.
Waktu Penjualan                     : 09.00 – 22.00 WIB
JumlahTenagaKerja                 : 3 orang

B.     Produk
Produk yang ditawarkan adalah bakso yang bahannya dari daging sapi yang higienis dan halal.

C.    Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan adalah :
Bahan untuk membuat Pentol Bakso:
·         DagingSapi yang sudah dihaluskan
·         Tepung kanji
·         Bawang putih yang sudah dihaluskan
·         Telur ayam
·         Merica
·         Garam
·         Air putih
·         Air putih es.

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso :
·         Daun bawang yang sudah dihaluskan.
·         Bawang putih.
·         Garam.
·         Air putih
·         Merica
·         Tulang-tulang sapi.

D.    Pemasaran
Produk yang di Pasarkan        : Bakso yang bahannya dari daging sapi.
Sasaran Konsumen                 : Masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa.
Wilayah Pemasaran                 : Pinggiranjalan di daerahsekitar Jl. G.Obos IX  Palangka Raya.
Harga Penjualan                      :          
a.       Bakso complit                                           Rp. 12.000
b.      Pentol besar @1                                        Rp. 3000
c.       Pentol kecil @1                                        Rp. 1000
d.      Tes Es                                                       Rp. 2000
e.       Es Jeruk                                                     Rp. 3000

E.     RencanaBiaya
Biaya Sewa Lokasi per Tahun                        : Rp. 7.000.000
Biaya Cicilan pinjaman modal dari koperasi
Per bulan                                                         : Rp. 700.000
Biaya Produksi per Tahun                              : Rp. 389.520.000
Penjualan per Hari                                          : Rp. 1.800.000
Penjualan per Tahun                                       : Rp. 648.000.000
Keuntungan per Bulan                                    : Rp 215.400.000
Keuntungan perTahun                                     : Rp.258.480.000

F.     Target Keuntungan Perhari
Adapun target yang kami hitung dari penjualan jika habis dalam sehari adalah sebagai berikut :
No
Nama Bahan
Jumlah
Harga
1
Tepung kanji
3 kg
Rp 30.000
2
Bawang putih
1,5 Kg
Rp 90.000
3
Bawang merah
1 kg
Rp 60.000
3
Merica
5 bungkus
Rp 12.000
4
Garam
3 bungkus
Rp 10.000
5
Minyakgoreng
5 liter
Rp 45.000
5
Minyak tanah
5 Liter
Rp 50.000
6
Daging sapi
3 kg
Rp 300.000
7
Tulang sapi
2 kg
Rp 75.000
8
Air Mineral
5 galon Penuh
Rp 25.000
9
Telur
2 rak
Rp 45.000
10
Buah Jeruk
5 kilo
Rp 55.000
11
The celup
5 bungkus
Rp 30.000
12
Gula pasir
5 kg
Rp 75 000
13
Batu es
30 buah
Rp 30.000
14
Kerupuk pangsit
200 buah
Rp 100.000
15
Mie kriting dan mie bihun
5 bungkus
Rp 50.000
Total Harga
Rp1.082.000-
                       
                        Jadi total produksi per hari yang dibutuhkan adalah Rp 1.082.000,-





Modal daribahan yang di gunakandalamproduksi per hari
TergetPenjualan
Keuntungan
Rp1.082.000,-
120porsi/  hari
120 porsi x Rp 15.000 =
Rp 1.800.000
Rp 1.800.000 –
Rp 1.082.000
= Rp 718.000,-/hari

G.    Proses Produksi
Adapun proses produksi Bakso Sapi ini yaitu :
1.      Haluskan bawang putih, garam, dan merica. Giling daging hingga halus.
2.      Campurkan dengan tepung sagu, bumbu dihaluskans ebelumnya, air es dan telur. Aduk hingga rata.
3.      Panaskan air hingga mendidih.
4.      Ambil adonan bakso dan bentuk bulat-bulat sesuai selera.
5.      Celupkan kedalam air rebusan.
6.      Masak kembali bakso tersebut hingga baksonya mengapung dan itulah tanda baksonya sudah matang, dansetelah itu angkat dan tiriskan.

H.    Pemasaran
Pemasaran dilakukan di lokasi pinggiran jalan yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum.

I.       Analisa SWOT
Strength
·         Menu bakso daging sapi sangat diminati oleh masayarakat.
·         Menu yang disajikan memiliki harga yang murah dan terjangkau, namun tetap tidak mengurangi esensi dan cita rasa sertakualitas bakso sapi yang di sajikan.
·         Terletak pada lokasi yang strategis yaitu daerahs ekitar jalan umum..
·         Orientasi usaha mengutamakan kepuasan pelanggan.
·         Desain warung atau tempat sangat dinamis dan modern sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan.
·         Mutudancita rasa selaluterjaga.
Weakness
Produk hanya dapat dinikmati atau dijangkau oleh masyarakat sekitar,tidak memberikan layanan online order dan jasa delivery.

Opportunity
·         Target pasar sangat meyakinkan.
·         Minat pelanggan cukup tinggi.
·         Keuntungan yang diperoleh cukup besar.

Threat
Pesaing dapat saja membuat berbagai menu serupa untuk mengintimidasi, sehingga diperlukan inovasi secara berkala dan kontinu.

J.      Target Penjualan
1.      Target Produk
Menu yang disajikan sesuai dengan order konsumen dan target per harinya adalah sekitar 150 porsi penjualan dari berbagai varian menu.
2.      Target Pendapatan
Target pendapatan adalah 1,5 – 1,8juta rupiah per hari.








K.    Text Box: PengelolaProses Pemasaran
 








Pengelola dan karyawan akan menyiapkan produk atau memproduksi produk dan  menu yang akan di promosikan dan dijual kepada konsumen. Konsumen yang tertarik akan kepada menu atau produk yang ditawarkan dan ingin membeli produk dapat langsung ke lokasi. Kemudian konsumen akan membayar sejumlah harga yang telah ditentukan kepada karyawan atau produsen.
L.     Hasil Kerja
Adapun usaha Bakso ini merupakan usaha kelompok  yang modal awalnya dari patungan dari dana pribadi masing-masing dan pinjaman pada sebuah koperasi daerah yang cicilannya dibayar perbulan dari hasil penjualan bisnis ini.

M.   Penutup
Demikianlah laporan proposal bisnis yang kami buat. Semoga laporan proposal ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Tidak lupa kami ucapkan syukur kepadaTuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan proposal bisnis ini. Dan tidak lupa kami ucapkan teirma Kasih kepada pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan proposal ini.
Semoga laporan proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami memulai usaha bakso babuhan kita (B2k) ini. Dengan selesainya laporan proposal bisinis ini, kami berharap usaha bisnis ini dapat berjalan dengan lancar.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa laporan proposal kami ini jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik semoga saja bisa menjadi acuan atau pelajaran bagikit asemua agar dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar