PROPOSAL USAHA
BAKSO BEBUHAN KITA
(B2k)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Dosen Pembimbing :
Fahrudin Ahmad, M.Pd.

Oleh :
HARTINI
ALPIANA
RONI ANGGARA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
TAHUN 1436H/2015 M
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Visi
Dan Misi
a. Visi
: Menciptakan usaha yang unggul, berkualitas, terdepan, dengan pelayanan yang terbaik.
b. Misi :
1.
Memudahkan para
konsumen penyuka bakso untuk menikmati
bakso yang halal dan higienis
2.
Menyediakan
rasa bakso yang enak, sehat dan harga yang terjangkau serta dapat diperoleh
dengan mudah.
B.
Latar
Belakang
Pada zaman modernini sulitnya
mencari pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran, Hal inilah yang
menyebabkan seseorang membuat usaha bisnis. Usaha bisnis tidak mesti besar akan
tetapi usaha kecil menengah (UKM) pun sudah dapat mengurangi jumlah
pengangguran di zaman sekarang ini. Usaha bisnis yang paling di butuhkan oleh
masyarakat adalah dalam hal makanan karena makanan merupakan suatu kebutuhan
yang harus di penuhi oleh manusia.
Seiring dengan perkembangan zaman dapat dilihat selama
ini banyaknya masyarakat yang menyukai atau menggemari makanan
yang cepat saji (instan), Maka di masa ini banyak sekali
seorang produsen atau pedagang yang menjual makanan yang cepat saji atau bisa
disebut juga makanan yang instant. Hal ini sangat berhubungan dengan dunia
bisnis.
sehingga masyarakat mempunyai banyak
pilihan makanan yang ingin mereka konsumsi. Dalam usaha ini kami menawarkan
jenis makanan berbentuk bakso menunda lapar yang sering ditemui
dipinggir-pinggir jalan, warung-warung didepan rumahan maupun di
restaurant, dan rumah makan yang ternama
khususnya di kota palangka raya ini.
Dilatar belakangi realita
tersebut,maka kami ingin membuka suatu usaha rumah makan yang dominan dengan
makanan bakso, yang dimana rumah makan tersebut kami beri nama “bakso babuhan
kita”. Kami memilih membangun usaha ini karena menurut kami ini akan
menguntungkan karena peminatnya bukan hanya masyarakat kalangan atas saja namun
masyarakat kalangan bawah pun dapat menikmati nya karena disini kami
menyediakan berbagai menu bakso dengan harga yang terjangkau dan rasa yang di
jamin kelezatannya.
C.
Tujuan
1.
Memperoleh laba
yang sebesar-besarnya
2.
Menambah
pengatahuan dan pengalaman tentang ilmu kewirausahaan
3.
Menyediakan
keperluan konsumen penyuka bakso
4.
Memberikan
peluang bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan agar dapat bekerja di rumah
makan kami.
BAB II
LANDASAN TEORITIS
A.
Dasar Teori
Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan berasal dari terjemahan entrepreneuship
yaitu iatilah atau sebutan yang digunakan untuk menggambarkan seorang actor
yang memimpin suatu proyek produksi (Suryana, 2004). Secara umum kewirausahaan
diartikan sebagai suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan oranglain.
Beberapa pengertian kewirausahaan yang diberikan oleh para ahli
dapat dikemukakan sebagai berikut:
a.
Kewirausahaan
adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber
daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis. (Ahmad
Sanusi, 1994).
b.
Kewirausahaan
adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability
to create the new and different) (Drucker, 1959).
c.
Kewirausahaan
adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memecahkan
persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer, 1996).
Dengan
demikian, kewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan “added value”
dengan jalan mengkombinasikan semua sumber daya akomodasi melalui “create
new and different” untuk memenangkan persaingan.
Maka
inti kewirausahaan adalah:
a.
Kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru (create new and different) melalui
berfikir kreatif dan betindak inovatif.
b.
Merupakan cirri
watak dan sikap orang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan gagasan
inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif
c.
Proses
kewirausahaan meliputi semua kegiatan, fungsi kegiatan untuk mengejar dan
memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi.
Pengertian
wirausaha dan manajer wirausaha, secara umum wirausaha adalah seseorang yang
bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan
usahanya atau bisnisnya atau hidupnya.
Pendapat
beberapa ahli mengenai wirausaha:
a.
Wirausaha
adalah orang yang mampu melihat adanya peluang, kemudian menciptakan sebuah
organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut (Suryana, 2003).
b.
Wirausaha
adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk
menciptakan usaha baru dan peluang berusaha (Dan Steinhoff dan John F. Burgees,
1993).
c.
Wirausaha (entrepreneur)
adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan dan melembagakan
perusahaan miliknya dan bisa menciptakan kerja bagi orang lain dengan
swasembada (Pakerti, 1997).
B.
Manajer
Manajer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan
teknis dan akademis untuk mengelola perusahaan atau organisasi bisnis yang
dimiliki oleh oranglain dan atas jasanya ia menerima gaji dan bonus. Pada
perusahaan perseorangan pada umumnya seorang wirausaha sekaligus merangkap
sebagai manajer. Kinerja wirausaha dan manajer ditentukan oleh adanya peluang
dan kemampuan menciptakan peluang serta menanggapinya yang bersumber dari “leadership
ability”.
Karakteristik kewirausahaan :
Seorang wirausaha sekurang-kurangnya
memiliki 12 (dua belas) karakteristik yaitu:
(1) Motif berprestasi;
(2) Selalu perspektif;
(3) Berdaya cipta tinggi;
(4) Memiliki perilaku inovatif tinggi;
(5) Memiliki komitmen dalam pekerjaan ;
(6) Memiliki etos kerja dari tanggungjawab;
(7) Mandiri atau tindak tergantung pada orang lain;
(8) Berani menghadapi resiko ;
(9) Selalu mencari peluang ;
(10)
Memiliki jiwa
kepemimpinan ;
(11)
Memiliki
kemampunan manajerial; dan
(12)
Memiliki
kemampuan personal.
Ciri-ciri
seorang wirausaha yang memiliki motif berprestasi menurut Suryana (2003)
adalah:
a.
Ingin mengatasi
sendiri kesulitan dan persoalan-persoalan yang timbul pada dirinya
b.
Selalu
memerlukan umpan balik yang segera untuk melihat keberhasilan atau kegagalannya
c.
Memiliki
tanggungjawab personal yang tinggi
d.
Berani
menghadapi resiko dengan penuh perhitungan
e.
Menyukai
tantangan dan melihat tantangan secara seimbang
C.
Wirausaha Bakso
Pilihan Mantap
Di
era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat
memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia membuat
banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Banyak kejahatan
yang terjadi dimana mana terlebih lebih di kota kota besar seperti Jakarta, banyak
para pengusaha yang bangkrut kemudian gulung tikar. Banyak para remaja yang
putus sekolah dan menjadi pengangguran. Sebagai warga Negara kreatif kita tidak
boleh putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba
sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu
keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak
harus bergantung pada orang lain. Untuk mendapatkan
suatu pekerjaan kita harus berusaha
semaksimal mungkin. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi
pengangguran yaitu dengan berwira usaha. Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar
mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita
sudah membantu banyak orang. Dan di sini kami berfikir untuk lebih
mengembangkan usaha bakso ini.
BAB
III
SISTEMATIKA
PEMASARAN
A.
Manajemen
Nama Perusahaan/Usaha : Bakso Babuhan Kita
(B2K)
Nama Pemilik :
1. Hartini
2. Alpiana
3. RoniAnggara
Bidang Usaha :
Makanan dan Minuman (Warung Makan)
Lokasi Usaha :
Jl.G.Obos Raya Palangka Raya, depan
Masjid Raya Darussalam Palangka
Raya.
Waktu Penjualan : 09.00 – 22.00 WIB
JumlahTenagaKerja : 3 orang
B.
Produk
Produk yang ditawarkan adalah bakso yang
bahannya dari daging sapi yang higienis dan halal.
C.
Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan adalah :
Bahan untuk membuat Pentol Bakso:
·
DagingSapi yang sudah dihaluskan
·
Tepung kanji
·
Bawang putih yang sudah dihaluskan
·
Telur ayam
·
Merica
·
Garam
·
Air putih
·
Air putih es.
Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso :
·
Daun bawang yang sudah dihaluskan.
·
Bawang putih.
·
Garam.
·
Air putih
·
Merica
·
Tulang-tulang sapi.
D.
Pemasaran
Produk yang di Pasarkan : Bakso yang bahannya dari daging sapi.
Sasaran Konsumen : Masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa.
Wilayah Pemasaran :
Pinggiranjalan di daerahsekitar Jl. G.Obos IX
Palangka Raya.
Harga Penjualan :
a.
Bakso complit Rp.
12.000
b.
Pentol besar @1 Rp.
3000
c.
Pentol kecil @1 Rp.
1000
d.
Tes Es Rp.
2000
e.
Es Jeruk Rp.
3000
E.
RencanaBiaya
Biaya Sewa Lokasi per Tahun : Rp. 7.000.000
Biaya Cicilan pinjaman modal dari koperasi
Per bulan :
Rp. 700.000
Biaya Produksi per Tahun : Rp. 389.520.000
Penjualan per Hari : Rp. 1.800.000
Penjualan per Tahun : Rp. 648.000.000
Keuntungan per Bulan : Rp 215.400.000
Keuntungan perTahun : Rp.258.480.000
F.
Target
Keuntungan Perhari
Adapun target yang kami hitung dari
penjualan jika habis dalam sehari adalah sebagai berikut :
|
No
|
Nama Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
|
1
|
Tepung
kanji
|
3
kg
|
Rp
30.000
|
|
2
|
Bawang
putih
|
1,5
Kg
|
Rp
90.000
|
|
3
|
Bawang
merah
|
1
kg
|
Rp
60.000
|
|
3
|
Merica
|
5
bungkus
|
Rp
12.000
|
|
4
|
Garam
|
3
bungkus
|
Rp
10.000
|
|
5
|
Minyakgoreng
|
5
liter
|
Rp
45.000
|
|
5
|
Minyak
tanah
|
5
Liter
|
Rp
50.000
|
|
6
|
Daging
sapi
|
3
kg
|
Rp
300.000
|
|
7
|
Tulang
sapi
|
2
kg
|
Rp
75.000
|
|
8
|
Air
Mineral
|
5
galon Penuh
|
Rp
25.000
|
|
9
|
Telur
|
2
rak
|
Rp
45.000
|
|
10
|
Buah
Jeruk
|
5
kilo
|
Rp
55.000
|
|
11
|
The
celup
|
5
bungkus
|
Rp
30.000
|
|
12
|
Gula
pasir
|
5
kg
|
Rp
75 000
|
|
13
|
Batu
es
|
30
buah
|
Rp
30.000
|
|
14
|
Kerupuk
pangsit
|
200
buah
|
Rp
100.000
|
|
15
|
Mie
kriting dan mie bihun
|
5
bungkus
|
Rp
50.000
|
|
Total
Harga
|
Rp1.082.000-
|
||
Jadi total produksi per
hari yang dibutuhkan adalah Rp 1.082.000,-
|
Modal daribahan yang di gunakandalamproduksi per hari
|
TergetPenjualan
|
Keuntungan
|
|
Rp1.082.000,-
|
120porsi/ hari
120 porsi x Rp 15.000 =
Rp 1.800.000
|
Rp 1.800.000 –
Rp 1.082.000
= Rp 718.000,-/hari
|
G.
Proses Produksi
Adapun proses produksi Bakso Sapi ini yaitu :
1.
Haluskan bawang putih, garam, dan merica. Giling daging hingga halus.
2.
Campurkan dengan tepung sagu, bumbu dihaluskans ebelumnya, air es dan
telur. Aduk hingga rata.
3.
Panaskan air hingga mendidih.
4.
Ambil adonan bakso dan bentuk bulat-bulat sesuai selera.
5.
Celupkan kedalam air rebusan.
6.
Masak kembali bakso tersebut hingga baksonya mengapung dan itulah tanda
baksonya sudah matang, dansetelah itu angkat dan tiriskan.
H.
Pemasaran
Pemasaran dilakukan di lokasi pinggiran jalan
yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum.
I.
Analisa SWOT
Strength
·
Menu bakso daging sapi sangat diminati oleh masayarakat.
·
Menu yang disajikan memiliki harga yang murah dan terjangkau, namun
tetap tidak mengurangi esensi dan cita rasa sertakualitas bakso sapi yang di
sajikan.
·
Terletak pada lokasi yang strategis yaitu daerahs ekitar jalan umum..
·
Orientasi usaha mengutamakan kepuasan pelanggan.
·
Desain warung atau tempat sangat dinamis dan modern sehingga memberikan
kepuasan kepada pelanggan.
·
Mutudancita rasa selaluterjaga.
Weakness
Produk hanya dapat dinikmati atau dijangkau
oleh masyarakat sekitar,tidak memberikan layanan online order dan jasa
delivery.
Opportunity
·
Target pasar sangat meyakinkan.
·
Minat pelanggan cukup tinggi.
·
Keuntungan yang diperoleh cukup besar.
Threat
Pesaing dapat saja membuat berbagai menu
serupa untuk mengintimidasi, sehingga diperlukan inovasi secara berkala dan
kontinu.
J.
Target Penjualan
1.
Target Produk
Menu
yang disajikan sesuai dengan order konsumen dan target per harinya adalah
sekitar 150 porsi penjualan dari berbagai varian menu.
2.
Target Pendapatan
Target
pendapatan adalah 1,5 – 1,8juta rupiah per hari.
K.
Proses Pemasaran
Pengelola dan karyawan akan menyiapkan produk atau
memproduksi produk dan menu yang akan di
promosikan dan dijual kepada konsumen. Konsumen yang tertarik akan kepada menu
atau produk yang ditawarkan dan ingin membeli produk dapat langsung ke lokasi.
Kemudian konsumen akan membayar sejumlah harga yang telah ditentukan kepada
karyawan atau produsen.
L.
Hasil
Kerja
Adapun usaha Bakso ini merupakan usaha
kelompok yang modal awalnya dari
patungan dari dana pribadi masing-masing dan pinjaman pada sebuah koperasi
daerah yang cicilannya dibayar perbulan dari hasil penjualan bisnis ini.
M.
Penutup
Demikianlah laporan proposal bisnis yang
kami buat. Semoga laporan proposal ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Tidak
lupa kami ucapkan syukur kepadaTuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmat dan
Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan proposal bisnis ini. Dan tidak
lupa kami ucapkan teirma Kasih kepada pihak yang telah membantu dalam pembuatan
laporan proposal ini.
Semoga
laporan proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini
merupakan tahap awal kami memulai usaha bakso babuhan kita (B2k) ini. Dengan
selesainya laporan proposal bisinis ini, kami berharap usaha bisnis ini dapat
berjalan dengan lancar.
Segala saran dan kritik yang membangun
sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa laporan
proposal kami ini jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik semoga saja bisa
menjadi acuan atau pelajaran bagikit asemua agar dapat menjadi lebih baik lagi
dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar