Minggu, 22 Mei 2016

Lembar Pengamatan Aktivitas Guru



LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS GURU
MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)
            Nama Sekolah :                                                 Kelas/semester   :
            Materi Pokok  :                                                 Nama Guru        :
Tanggal            :                                                 Waktu                  :  
Petunjuk:
Amatilah keterampilan aktivitas guru dalam kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan isilah tabel pengamatan dengan JUJUR serta OBJEKTIF dengan cara sebagai berikut :
1.      Tuliskan nama guru yang berada pada kelas, serta identitas yang lain yang di tanyakan pada identitas di atas.
2.      Berilah skor pada guru sesuai keterampilan aktivitas guru yang Anda amati dengan memberikan tanda () pada alternative telaksana (Ya)/(Tidak) dan berilah penilaian yang Anda rasa sesuai untuk skor penilaian aktivitas keterampilan guru tersebut.


ASPEK YANG DINILAI

TERLAKSANA

PENILAIAN

Ya

Tidak

4

3

2

1
A.   Kegiatan Pendahuluan:
Langkah I ( PEMBERIAN APERSEPSI)
1.      Guru menyampaikan salam
2.      Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran.
3.      Guru memberikan apersepsi
4.         Guru melanjutkan apersepsi dengan  demonstrasi di depan kelas.
5.      Guru menyampaikan rencana   kegiatan (tujuan pembelajaran).






B.  Kegiatan Inti
Langkah II (Grouping)

1.       Guru menugaskan siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan.
2.       Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
3.       Guru membagikan LKS kepada peserta didik.








Langkah III (Planning)
1.      Guru mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis dari permasalahan-permasalahan yang diajukan.
2.      Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.







Langkah IV (Investigating)

1.      Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis
2.      Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pengumpulan data serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.







Langkah V (Organizing)
1.      Guru menugaskan siswa menulis laporan, merencanakan presentasi laporan, penentuan penyaji, moderator, dan notulis.
2.      Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pelaporan hasil praktikum.







Langkah VI (Presenting)
1.      Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.
2.       Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi.









Langkah VII (Evaluating)
1.    Guru memberikan KUIS dengan memakai materi yang telah dijelaskan dan yang telah dipraktikumkan oleh siswa.







C.    Kegiatan III PENUTUP
Langkah VIII
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti.
2.      Guru memberikan PR mengenai materi yang telah dijelaskan dan dipraktikumkan.
3.      Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran.
4.      Guru memberikan salam










RUBRIK PENILAIAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)
    No
Aspek Yang Diamati
Skor
Kriteria
A.    Kegiatan Pendahuluan
Langkah I : Pemberian Apersepsi
1
Guru menyampaikan salam untuk membuka pelajaran sebelum dimulai.
4
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tak’zim dan tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.

3
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tak’zim dan namun tidak tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.

2
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tidak tak’zim dan tidak tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.

1
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tidak tak’zim dan tidak tegas serta dengan tidak memandang ke semua arah peserta didik.
2
Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran.
4
Guru dan siswa berdo’a dengan seksama, tertib, dan hikmat sebelum memulai pembelajaran di kelas.


3
Guru dan siswa berdo’a dengan tidak seksama, namun tertib, dan  hikmat sebelum memulai pembelajaran di kelas.


2
Guru dan siswa berdo’a dengan tidak seksama, tidak tertib,namun  hikmat sebelum memulai pembelajaran di kelas.


1
Guru dan siswa berdo’a dengan tidak seksama, tidak tertib, serta tidak   hikmat sebelum memulai pembelajaran di kelas.
3
Guru memberikan apersepsi

4
Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan tujuan lebih menarik peserta didik untuk lebih ingin mengetahui materi yang akan disampaikan dengan memberikan contoh yang ada di lingkungan dan  yang ada di dalam kehidupan sehari-hari dengan suara yang nyaring, lugas dan lantang.


3
Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan tujuan lebih menarik peserta didik untuk lebih ingin mengetahui materi yang akan disampaikan dengan tidak memberikan contoh yang ada di lingkungan dan  yang ada di dalam kehidupan sehari-hari dengan suara yang nyaring, lugas dan lantang.


2
Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan tujuan lebih menarik peserta didik untuk lebih ingin mengetahui materi yang akan disampaikan dengan tidak memberikan contoh yang ada di lingkungan dan  yang ada di dalam kehidupan sehari-hari dengan suara yang tidak nyaring, namun lugas dan lantang.


1
Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan tujuan lebih menarik peserta didik untuk lebih ingin mengetahui materi yang akan disampaikan dengan tidak memberikan contoh yang ada di lingkungan dan  yang ada di dalam kehidupan sehari-hari dengan suara yang tidak nyaring, tidak lugas dan tidak lantang.
4
Guru melanjutkan apersepsi dengan  demonstrasi di depan kelas.

4
Guru melanjutkan apersepsi dengan demonstrasi di depan kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang edukatif, menarik, dan penyampaian materinya mudah dipahami oleh peserta didik.


3
Guru melanjutkan apersepsi dengan demonstrasi di depan kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang edukatif, namun tidak menarik, dan penyampaian materinya mudah dipahami oleh peserta didik.


2
Guru melanjutkan apersepsi dengan demonstrasi di depan kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang edukatif, namun tidak menarik, dan penyampaian materinya sulit dipahami oleh peserta didik.


1
Guru melanjutkan apersepsi dengan demonstrasi di depan kelas dengan tidak menggunakan media pembelajaran yang edukatif, tidak menarik, dan penyampaian materinya sulit dipahami oleh peserta didik.
5
Guru menyampaikan rencana   kegiatan (tujuan pembelajaran).
4
Guru menyampaikan rencana kegiatan (tujuan pembelajaran) dengan singkat, padat, dan jelas dan tidak membuat peserta didik berfikir ambigu atas penjelasan guru.


3
Guru menyampaikan rencana kegiatan (tujuan pembelajaran) dengan tidak singkat, tidak padat, namun jelas dan tidak membuat peserta didik berfikir ambigu atas penjelasan guru.


2
Guru menyampaikan rencana kegiatan (tujuan pembelajaran) dengan tidak singkat, tidak padat, tidak jelas dan namun tidak membuat peserta didik berfikir ambigu atas penjelasan guru.


1
Guru menyampaikan rencana kegiatan (tujuan pembelajaran) dengan tidak singkat, tidak padat, tidak jelas dan membuat peserta didik berfikir ambigu atas penjelasan guru.

B.    Kegiatan Inti
Langkah II (Grouping)
7
Guru menugaskan siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan.

4
Guru menugaskan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan atas apa yang belum dipahaminya, dan tidak untuk menguji kemampuan kelompok lain, serta pertanyaan yang diajukan tetap bersikap ilmiah.


3
Guru menugaskan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan atas apa yang belum dipahaminya, dan untuk menguji kemampuan kelompok lain, serta pertanyaan yang diajukan tetap bersikap ilmiah.


2
Guru menugaskan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan atas apa yang telah dipahaminya, dan untuk menguji kemampuan kelompok lain, serta pertanyaan yang diajukan tetap bersikap ilmiah.


1
Guru menugaskan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang telah dilakukan atas apa yang telah dipahaminya, dan untuk menguji kemampuan kelompok lain, serta pertanyaan yang diajukan tidak bersikap ilmiah.
8
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.

4
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap siswa di bagi berdasarkan tingkat kecerdasan dan jenis kelamin yang tidak homogen.


3
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap siswa di bagi berdasarkan tingkat kecerdasan yang heterogen dan jenis kelamin yang homogen.


2
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap siswa di bagi berdasarkan tingkat kecerdasan yang homogen dan jenis kelamin yang heterogen .


1
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Setiap siswa di bagi berdasarkan tingkat kecerdasan yang homogen dan jenis kelamin yang homogen.

Guru membagikan LKS kepada peserta didik  di dalam setiap kelompok.
4
Guru membagikan LKS kepada peserta didik di dalam setiap kelompok yang berisi panduan tentang praktikum yang jelas dan berfungsi untuk mempermudah jalannya praktikum setiap kelompok.


3
Guru membagikan LKS kepada peserta didik di dalam setiap kelompok yang berisi panduan tentang praktikum namun tidak jelas tetapi berfungsi untuk mempermudah jalannya praktikum setiap kelompok.


2
Guru membagikan LKS kepada peserta didik di dalam setiap kelompok yang berisi panduan tentang praktikum namun tidak jelas dan tidak berfungsi untuk mempermudah jalannya praktikum setiap kelompok.


1
Guru membagikan LKS kepada peserta didik di dalam setiap kelompok namun tidak berisi panduan tentang praktikum, tidak jelas dan tidak berfungsi untuk mempermudah jalannya praktikum setiap kelompok.

Langkah III (Planning)
9
Guru mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis dari permasalahan-permasalahan yang diajukan.
4
Guru mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis dari permasalahan-permasalahan yang diajukan setiap kelompok dan setiap perwakilan kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hipotesis yang diperolehnya.


3
Guru mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis namun tidak dari permasalahan-permasalahan yang diajukan setiap kelompok dan setiap perwakilan kelompok  diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hipotesis yang diperolehnya.


2
Guru mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis namun tidak dari permasalahan-permasalahan yang diajukan setiap kelompok dan tidak semua perwakilan setiap kelompok  diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hipotesis yang diperolehnya.


1
Guru tidak mengarahkan siswa untuk memberikan hipotesis namun tidak dari permasalahan-permasalahan yang diajukan setiap kelompok dan tidak semua perwakilan setiap kelompok  diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hipotesis yang diperolehnya.
10
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.
4
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.


3
Guru melakukan observasi penilaian sikap dalam perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.


2
Guru melakukan observasi dalam perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.


1
Guru tidak melakukan observasi dalam perencanaan praktikum yang dilakukan oleh siswa.
11
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis

4
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis



3
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis



2
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, dan tidak mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis



1
Guru mengarahkan siswa untuk tidak melakukan praktikum, dan tidak mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis

12
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.
4
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


3
Guru melakukan observasi penilaian keterampilan serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


2
Guru melakukan observasi penilaian sikap serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


1
Guru tidak melakukan observasi penilaian sikap dan kemampuan serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.

Langkah IV (Investigating)
13
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis

4
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis


3
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis


2
Guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, tidak mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis.


1
Guru tidak mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum, tidak mencatat hasil praktikum ke dalam LKS, dan tidak melakukan analisis data untuk membuktikan hipotesis.
14
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan terhadap pengumpulan data serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.
4
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pengumpulan serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


3
Guru melakukan observasi penilaian sikap serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


2
Guru melakukan observasi keterampilan pengumpulan data serta analisis data yang sedang dilakukan oleh siswa.


1
Guru melakukan observasi keterampilan pengumpulan data yang sedang dilakukan oleh siswa.

Langkah V (Organizing)
15
Guru menugaskan siswa menulis laporan, merencanakan presentasi laporan, penentuan penyaji, moderator, dan notulis.

4
Guru menugaskan siswa menulis laporan, merencanakan presentasi laporan, penentuan penyaji, moderator, dan notulis.


3
Guru menugaskan siswa menulis laporan, dan merencanakan presentasi laporan.


2
Guru menugaskan siswa menulis laporan.


1
Guru tidak menugaskan siswa menulis laporan.
16
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pelaporan hasil praktikum
4
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pelaporan hasil praktikum.


3
Guru melakukan observasi keterampilan dan pelaporan hasil praktikum.


2
Guru melakukan observasi penilaian sikap dan pelaporan hasil praktikum.


1
Guru tidak melakukan observasi penilaian sikap dan keterampilan pelaporan hasil praktikum.

Langkah VI (Presenting)
17
Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.

4
Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.



3
Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.



2
Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.



1
Guru menugaskan salah satu kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain tidak mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan materi yang dipresentasikan.

18
Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi.

4
Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi dengan objektif, dan memberikan masukan atas kekurangan dalam penyajian kinerja presentasi.



3
Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi dengan objektif, dan tidak memberikan masukan atas kekurangan dalam penyajian kinerja presentasi.



2
Guru melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi dengan tidak objektif, dan tidak memberikan masukan atas kekurangan dalam penyajian kinerja presentasi.



1
Guru tidak melakukan observasi penilaian keterampilan kinerja presentasi dengan objektif, dan tidak memberikan masukan atas kekurangan dalam penyajian kinerja presentasi.


Langkah VII (Evaluating)
19
Guru memberikan KUIS dengan memakai materi yang telah dijelaskan dan yang telah dipraktikumkan oleh siswa.

4
Guru memberikan KUIS dengan memakai materi yang telah dijelaskan dan yang telah dipraktikumkan oleh siswa.



3
Guru memberikan KUIS dengan memakai materi yang telah dijelaskan.



2
Guru memberikan KUIS dengan memakai bahan materi yang telah dipraktikumkan oleh siswa.


1
Guru tidak memberikan KUIS dengan memakai materi yang telah dijelaskan dan yang telah dipraktikumkan oleh siswa.


Kegiatan III PENUTUP
Langkah VIII
20
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti.

4
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti.



3
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti.



2
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.


1
Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
21
Guru memberikan PR mengenai materi yang telah dijelaskan dan dipraktikumkan.

4
Guru memberikan PR mengenai materi yang telah dijelaskan dan dipraktikumkan.



3
Guru memberikan PR mengenai materi yang telah dijelaskan.


2
Guru memberikan PR mengenai materi yang telah dipraktikumkan.



1
Guru tidak memberikan PR mengenai materi yang telah dijelaskan dan dipraktikumkan.

22
Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran atas materi yang telah disampaikan oleh guru sebagai pengantar praktikum dan setelah pelaksanakannya praktikum selesai hingga dapat ditarik hipotesis dari praktikum tersebut.

4
Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran atas materi yang telah disampaikan oleh guru sebagai pengantar praktikum dan setelah pelaksanakannya praktikum selesai hingga dapat ditarik hipotesis dari praktikum tersebut.



3
Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran atas materi yang telah disampaikan oleh guru sebagai pengantar praktikum dan setelah pelaksanakannya praktikum selesai.



2
Guru meminta siswa menyimpulkan pembelajaran atas materi yang telah disampaikan oleh guru sebagai pengantar praktikum.



1
Guru tidak meminta siswa menyimpulkan pembelajaran atas materi yang telah disampaikan oleh guru sebagai pengantar praktikum dan setelah pelaksanakannya praktikum selesai hingga dapat ditarik hipotesis dari praktikum tersebut.

23
Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam dengan tak’zim dan tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.
4
Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam dengan tak’zim dan tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.


3
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tak’zim dan namun tidak tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.


2
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tidak tak’zim dan tidak tegas dengan memandang ke semua arah peserta didik.


1
Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dengan tidak tak’zim dan tidak tegas serta dengan tidak memandang ke semua arah peserta didik.














LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN SISWA
MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)
            Nama Sekolah   : SMA                                      
            Kelas                 : XI          
Materi          : Menentukan hubungan massa beban dan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas.                                                    
Amatilah keterampilan psikomotor siswa dalam kelas selama kegiatan praktikum berlangsung dan isilah tabel psikomotor dengan cara sebagai berikut :
3.      Tulikan semua nama siswa yang ada dalam kelompok
4.      Berilah skor masing-masing siswa sesuai keterampilan siswa yang Anda amati dengan memberikan tanda ()

TABEL PSIKOMOTOR
ASPEK YANG DIAMATI


NAMA SISWA
SKOR
4
3
2
1
1.      Menyiapkan alat dan bahan
1.




2.




3.




4.




2.      Merangkai alat percobaan :
a.       Menyusun alat dan bahan
1.




2.




3.




4.




b.      Menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas.

1.




2.




3.




4.




c.       Membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang.
1.




2.




3.




4.




3.      Menggunakan alat-alat Praktikum
a.      Menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke bawah hingga mencapai posisi yang diinginkan saat praktikum .
1.




2.




3.




4.




b.       Menjalankan/menghidupkan stopwatch bersamaan dengan dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .
1.




2.




3.




4.




c.       Mengatur kekuatan pegas pada level rendah, sedang dan tinggi.
1.




2.




3.




4.




4.      Mengamati percobaan :
a.       Mengamati hasil yang diperoleh pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.

1.




2.




3.




4.




a.       Mengamati hasil percobaan dengan menggunakan variasi beban massa 100 dan 250 gram.
1.




2.




3.




4.




a.       Menuliskan hasil pengamatan dengan jujur pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode dan frekuensi.
1.




2.




3.




4




b.      Menuliskan hasil pengamatan pada hubungan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas.
1.




2.




3.




4.




b.      Berdiskusi menjawab pertanyaan LKS
1.




2.




3.




4.




5.      Mempresentasikan hasil diskusi
1.




2.




3.




4.






































RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI)
    No
Aspek Yang Diamati
Skor
Kriteria
1
Menyiapkan alat dan bahan
4
Menyiapkan alat dan bahan di atas meja kerja laboratorium, memeriksa kelengkapan alat dan bahan, serta menyingkirkan barang yang tidak diperlukan saat praktikum berlangsung.


3
Menyiapkan alat dan bahan di atas meja kerja laboratorium, serta menyingkirkan barang yang tidak diperlukan saat praktikum berlangsung.


2
Menyiapkan alat dan bahan di atas meja kerja laboratorium.

1
Menyiapkan alat dan bahan di atas meja kerja laboratorium, memeriksa kelengkapan alat dan bahan, serta menyingkirkan barang yang tidak diperlukan saat praktikum berlangsung.
2
Menyusun alat dan bahan.
4
Menyusun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum dengan teliti, cermat dan berhati-hati.


3
Menyusun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum dengan teliti, dan cermat.


2
Menyusun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum dengan cermat.


1
Tidak menyusun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum dengan teliti, cermat dan berhati-hati.
3
Menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas.

4
Menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas dengan hati-hati dan teratur.



3
Menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas dengan hati-hati.


2
Menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas dengan teratur.



1
Tidak menggantungkan beban massa 50 gram pada pegas dengan hati-hati dan teratur.

4
Membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang.
4
Membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang dan tidak menyentuhnya dan menggerakkannya kembali saat beban masih belum dalam keadaan setimbang.


3
Membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang dan tidak menyentuhnya kembali saat beban masih belum dalam keadaan setimbang.


2
Membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang dan tidak menggerakkannya kembali saat beban masih belum dalam keadaan setimbang.


1
Tidak membiarkan beban massa berada pada posisi setimbang dan tidak menyentuhnya dan menggerakkannya kembali saat beban masih belum dalam keadaan setimbang.
5
Menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke bawah hingga mencapai posisi yang diinginkan pada saat praktikum.
4
Menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke bawah hingga mencapai posisi yang diinginkan saat praktikum.


3
Menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke kanan hingga mencapai posisi yang diinginkan saat praktikum.


2
Menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke bawah hingga tidak mencapai posisi yang diinginkan saat praktikum.


1
Tidak menarik beban sejauh 20 cm pada neraca pegas ke bawah hingga tidak mencapai posisi yang diinginkan saat praktikum.
6
Menjalankan/menghidupkan stopwatch bersamaan dengan dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .
4
Menjalankan/menghidupkan stopwatch bersamaan dengan dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .


3
Menjalankan/menghidupkan stopwatch bersamaan dengan tidak  dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .


2
Menjalankan/menghidupkan stopwatch tidak secara bersamaan dengan dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .


1
Tidak menjalankan/menghidupkan stopwatch bersamaan dengan dilepaskannya beban dari posisi yang diinginkan saat praktikum .
7
Mengatur kekuatan pegas pada level rendah, sedang dan tinggi.
4
Mengatur kekuatan pegas pada level rendah, sedang dan tinggi pada saat perobaan agar mendapatkan data yang akurat.


3
Mengatur kekuatan pegas pada level rendah dan tinggi pada saat perobaan agar mendapatkan data yang akurat.


2
Mengatur kekuatan pegas pada level rendah pada saat perobaan agar mendapatkan data yang akurat.


1
Tidak mengatur kekuatan pegas pada level rendah, sedang dan tinggi pada saat perobaan agar mendapatkan data yang akurat.
8
Mengamati hasil yang diperoleh pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.

4
Mengamati hasil yang diperoleh pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.



3
Mengamati hasil yang diperoleh pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan tidak membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.



2
Mengamati hasil yang diperoleh namun tidak pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan tidak membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.



1
Tidak mengamati hasil yang diperoleh pada pembacaan masing-masing percobaan getaran dan membandingkan data periode awal percobaan dan setelahnya.

9
Mengamati hasil percobaan dengan menggunakan variasi beban massa 100 dan 250 gram.
4
Mengamati hasil percobaan dengan menggunakan variasi beban massa 100 dan 250 gram.


3
Mengamati hasil percobaan dengan menggunakan variasi beban massa 250 gram.


2
Mengamati hasil percobaan dengan tidak menggunakan variasi beban massa 100 dan 250 gram.


1
Tidak mengamati hasil percobaan dan tidak menggunakan variasi beban massa 100 dan 250 gram.
10
Menuliskan hasil pengamatan dengan jujur pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode dan frekuensi.
4
Menuliskan hasil pengamatan dengan jujur pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode dan frekuensi.


3
Menuliskan hasil pengamatan dengan jujur pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode.


2
Menuliskan hasil pengamatan pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode.


1
Tidak menuliskan hasil pengamatan dengan jujur pada percobaan hubungan massa beban terhadap periode dan frekuensi.
11
Menuliskan hasil pengamatan dengan tidak memanipulasi data pada hubungan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas.
4
Menuliskan hasil pengamatan dengan tidak memanipulasi data pada hubungan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas.


3
Menuliskan hasil pengamatan dengan tidak memanipulasi data pada hubungan konstanta pegas.


2
Menuliskan hasil pengamatan dengan tidak memanipulasi data.


1
Menuliskan hasil pengamatan dengan memanipulasi data pada hubungan konstanta pegas terhadap periode dan frekuensi getaran pegas.
12
Berdiskusi menjawab pertanyaan LKS
4
Berdiskusi menjawab pertanyaan LKS dengan berfikir kritis, bertukar fikiran dan saling menghargai pendapat antar anggota kelompok.


3
Berdiskusi menjawab pertanyaan LKS dengan berfikir kritis, dan bertukar fikiran.


2
Berdiskusi menjawab pertanyaan LKS dengan berdiskusi.


1
Tidak berdiskusi menjawab pertanyaan LKS dengan berfikir kritis, bertukar fikiran dan saling menghargai pendapat antar anggota kelompok.
13
Mempresentasikan hasil diskusi
4
Mempresentasikan hasil diskusi bersama kelompok, membuat kesimpulan/hipotesis dari percobaan yang telah dilakukan dan menyampaikan hasil diskusi dengan jujur.


3
Mempresentasikan hasil diskusi bersama kelompok, membuat kesimpulan/hipotesis dari percobaan yang telah dilakukan.


2
Mempresentasikan hasil diskusi bersama kelompok.


1
Tidak mempresentasikan hasil diskusi bersama kelompok, tidak membuat kesimpulan/hipotesis dari percobaan yang telah dilakukan dan tidak menyampaikan hasil diskusi dengan jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar