Fungsi Animasi dalam Pembelajaran Fisika
serta Pembahasan Mengenai Konsep Fisika di dalam Animasi
Fungsi
animasi fisika di dalam pembelajaran fisika sendiri tentunya memberikan
kemudahan setiap siswa untuk mempelajari konsep pembelajaran pada materi fisika.
Selain mempermudah untuk memahami konsep fisika karena langsung diperagakan,
siswa juga lebih mudah menggunakan analogikanya untuk lebih mengerti materi
fisika yang tersaji di dalam animasi serta dapat mempelajari latihan-latihan
yang ada pada animasi tersebut. Karena selain ada konsep atau materi di dalam
animasi juga tersaji tugas dalam bentuk pertanyaan pengayaan yang tertuang di
dalamnya. Sehingga tanpa harus menunggu penjelasan Ibu/Bpk guru disekolah,
siswa dapat menggali lebih dahulu materi yang akan diterimanya disekolah dengan
memanfaatkan media animasi ini, hal ini juga sangat membantu keefektifan
belajar mengajar disekolah karena dengan mengenalnya siswa pada materi yang
akan dijelaskan di sekolah, maka pelajaran yang disampaikan disekolah menjadi
berkesinambungan antara penjelasan guru dan pemahaman siswa yang diperoleh dari
belajar individu dirumah melalui media pembelajaran berbasis animasi ini.
Tugas: Mencari Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
|
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan.
|
1.11 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya melalui sikap dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
1.12 Menunjukkan
kekaguman dan rasa syukur serta hikmah atas kebesaran Allah SWT yang telah
menciptakan alam semesta beserta isinya.
|
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
|
1.22 Menghubungkan
materi fenomena gerak, fluida, kalor, dan optik dengan Ayat-ayat Al-Qur’an
serta menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas kesingkronan yang
diperoleh antara materi atau ilmu pengetahuan dengan penerapan konsep
fenomena gerak, fluida, kalor dan optik dalam kehidupan seharu-hari.
|
||
|
II
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
|
2.11 Menunjukkan rasa ingin tahu,
Objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, serta
terbuka dalam melakukan percobaan tentang materi gerak, fluida, kalor, dan
optik.
2.12 Melaporkan hasil percobaan praktikum dengan
kreatif, inovatif, kritis, dan jujur melalui penyajian data yang yang
diperoleh dalam percobaan sebenarnya mengenai percobaan materi gerak, fluida,
kalor, dan optik.
|
|
|
|
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
2.21 Bekerjasama dan saling
menghargai serta berbagi pendapat antar anggota kelompok melalui sebuah
percobaan.
|
|
III
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak
melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi.
3.6 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.51 Mengidentifikasi besaran frekuensi,
frekuensi sudut, periode dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar
dengan laju konstan.
3.52 Merumuskan gerak melingkar
beraturan secara kuantitatif
3.53 Menjelaskan
pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
3.54 Menjelaskan konsep
penerapan gerak melingkar dalam teknologi
3.61
Menjelaskan pengertian fluida statis
3.62
Menjelaskan tekanan hidrostatis
3.63 Menyebutkan factor-faktor yang
mempengaruhi tekanan hidrostatis
3.64 Memformulasikan persamaan tekanan
hidrostatis
3.65 Menjelaskan bunyi hukum hidrostatis
3.66 Menjelaskan bunyi hukum Pascal
3.67 Memformulasikan persamaan hukum pascal
3.68 Menyebutkan alat-alat yang bekerja
berdasarkan prinsip hukum Pascal
3.69 Menerapka prinsip hukum Pascal untuk
menyelesaikan persoalan fisika
3.70 Menjelaskan bunyi hukum Archimedes
3.71 Memformulasikan bunyi hukum Archimedes
3.72 Memformulasikan persamaan gaya Archimedes
3.73 Menjelaskan peristiwa terapung, melayang,
dan tenggelam pada benda
3.74 Menyebutkan contoh penerapan hukum
Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
3.75 Menjelaskan pengertian tegangan permukaan
3.76 Memformulasikan persamaan tegangan
permukaan
3.77 Menyebutkan peristiwa tegangan permukaan
dalam kehidupan sehari-hari
3.78 Menjelaskan pengertian kapilaritas
3.79 Menemukan persamaan dalam kapilaritas
3.80 Menyebutkan peristiwa kapilaritas dalam
kehidupan sehari-hari
3.81
Menerapkan persamaan tegangan permukaan dan kapilaritas untuk menyelesaikan
persoalan fisika
|
|
IV
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.5 Menyajikan ide/gagasan terkait gerak
melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda).
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang
memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
|
4.51 Membuat inovasi, baik berupa produk atau
berupa ide/gagasan berdasarkan konsep penerapan gerak melingkar
4.52 Membuat
artikel ide/gagasan mengenai gerak melingkar
4.71
Melakukan percobaan tekanan hidrostatis, hukum Pascal, hukum
Archimedes, dan tegangan permukaan
4.72
Mengolah dan menyajikan data percobaan tekanan hidrostatis, hukum
Pascal, hukum Archimedes, dan tegangan permukaan sesuai dengan
langkah-langkah di LKS.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar