Minggu, 22 Mei 2016

Indikator Pencapaian Kompetensi



Fungsi Animasi dalam Pembelajaran Fisika serta Pembahasan Mengenai Konsep Fisika di dalam Animasi
Fungsi animasi fisika di dalam pembelajaran fisika sendiri tentunya memberikan kemudahan setiap siswa untuk mempelajari konsep pembelajaran pada materi fisika. Selain mempermudah untuk memahami konsep fisika karena langsung diperagakan, siswa juga lebih mudah menggunakan analogikanya untuk lebih mengerti materi fisika yang tersaji di dalam animasi serta dapat mempelajari latihan-latihan yang ada pada animasi tersebut. Karena selain ada konsep atau materi di dalam animasi juga tersaji tugas dalam bentuk pertanyaan pengayaan yang tertuang di dalamnya. Sehingga tanpa harus menunggu penjelasan Ibu/Bpk guru disekolah, siswa dapat menggali lebih dahulu materi yang akan diterimanya disekolah dengan memanfaatkan media animasi ini, hal ini juga sangat membantu keefektifan belajar mengajar disekolah karena dengan mengenalnya siswa pada materi yang akan dijelaskan di sekolah, maka pelajaran yang disampaikan disekolah menjadi berkesinambungan antara penjelasan guru dan pemahaman siswa yang diperoleh dari belajar individu dirumah melalui media pembelajaran berbasis animasi ini.


Tugas: Mencari Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR


INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan.
1.11 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya melalui sikap dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
1.12 Menunjukkan kekaguman dan rasa syukur serta hikmah atas kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
1.22 Menghubungkan materi fenomena gerak, fluida, kalor, dan optik dengan Ayat-ayat Al-Qur’an serta menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas kesingkronan yang diperoleh antara materi atau ilmu pengetahuan dengan penerapan konsep fenomena gerak, fluida, kalor dan optik dalam kehidupan seharu-hari.
II
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
2.11 Menunjukkan rasa ingin tahu, Objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, serta terbuka dalam melakukan percobaan tentang materi gerak, fluida, kalor, dan optik.
2.12  Melaporkan hasil percobaan praktikum dengan kreatif, inovatif, kritis, dan jujur melalui penyajian data yang yang diperoleh dalam percobaan sebenarnya mengenai percobaan materi gerak, fluida, kalor, dan optik.


2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.21 Bekerjasama dan saling menghargai serta berbagi pendapat antar anggota kelompok melalui sebuah percobaan.
III
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi.
3.6 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
3.51 Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
3.52 Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif
3.53 Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.54 Menjelaskan konsep penerapan gerak melingkar dalam teknologi


3.61   Menjelaskan pengertian fluida statis
3.62  Menjelaskan tekanan hidrostatis
3.63   Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis
3.64    Memformulasikan persamaan tekanan hidrostatis
3.65  Menjelaskan bunyi hukum hidrostatis
3.66  Menjelaskan bunyi hukum Pascal
3.67  Memformulasikan persamaan hukum pascal
3.68  Menyebutkan alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip hukum Pascal
3.69  Menerapka prinsip hukum Pascal untuk menyelesaikan persoalan fisika
3.70  Menjelaskan bunyi hukum Archimedes
3.71  Memformulasikan bunyi hukum Archimedes
3.72  Memformulasikan persamaan gaya  Archimedes
3.73  Menjelaskan peristiwa terapung, melayang, dan tenggelam pada benda
3.74  Menyebutkan contoh penerapan hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari
3.75  Menjelaskan pengertian tegangan permukaan
3.76  Memformulasikan persamaan tegangan permukaan
3.77  Menyebutkan peristiwa tegangan permukaan dalam kehidupan sehari-hari
3.78  Menjelaskan pengertian kapilaritas
3.79  Menemukan persamaan dalam kapilaritas
3.80  Menyebutkan peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
3.81 Menerapkan persamaan tegangan permukaan dan kapilaritas untuk menyelesaikan persoalan fisika
IV
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.5 Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda).
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
4.51    Membuat inovasi, baik berupa produk atau berupa ide/gagasan berdasarkan konsep penerapan gerak melingkar
4.52    Membuat artikel ide/gagasan mengenai gerak melingkar

4.71   Melakukan percobaan tekanan hidrostatis, hukum Pascal, hukum Archimedes, dan tegangan permukaan
4.72    Mengolah dan menyajikan data percobaan tekanan hidrostatis, hukum Pascal, hukum Archimedes, dan tegangan permukaan sesuai dengan langkah-langkah di LKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar